Senin, 25 Maret 2019

Tugas II Management Pengadaan

Hobby dan Mainanku

Kembali ke tahun 2013, dimana saya pertama kali mengenal kopi karena ketidaksengajaan. Kala itu, dimana saya sedang berada di Jerman dan karena desakan kebutuhan bulanan yang mesti saya penuhi sehingga saya terjun untuk part-time sebagai barista di Starbuck Bonn. 
Starbuck Bonn, Germany
Disinilah awal mula saya memulai karir dan juga hobby yang memiliki rasa penasaran saya tentang dunia kopi yang ternyata sangat luas dan juga sangat beragam. Saya bekerja part-time di Starbuck kurang lebih selama 1 tahun, setelah itu saya pindah ke sebuah Coffee Shop yang bernama Kaffee Laden Bonn.
Andre, Carola, and Mark
Dan disinilah saya makin tertarik dengan dunia kopi, karena 3 orang tersebut yang makin saya cinta dunia kopi, dunia yang semakin lama membuat saya mengembangkan bisnis Roastery dan dunia kopi. Di tahun 2016 saya terjun sebagai juri kopi nasional sampai saat ini.
Dalam perjalanannya ada 2 alat yang membantu saya mengembangkan karir sebagai roaster dan trainer barista, Mari kita lihat alat pertama saya.
Inilah mesin Espresso Bezzera BZ16, Bezzera adalah salah satu pelopor pencipta mesin Espresso asal italia, Spesifikasi mesin ini adalah ;
Technical data BZ16 DE - PM
1 GROUP
 Power supply
 V~/Hz  
 110–120/50-60  
 220–240/50-60  
 ResistanceW13501250-1450
 Boilerlt2
 Tanklt4
 Widthmm320
 Depthmm450
 Heightmm400
 Net weightkg22,7 (S version) = 25,2 (R/TOP version)
 Gross weightkg28,2 (S version) = 30 (R/TOP version)
 Load connection (R)G 3/8"
 Drain connection (R)mmØ 10

Mesin ini yang menemani saya hampir 5 tahun terakhir dan kebetulan segala sparepart dan teknisi ada di Indonesia, sehingga saya tidak kesulitan dalam melakukan perawatan mesin ini.
Pengadaan atau harga mesin Kopi ini adalah sekitar 50 jutaan dan disediakan oleh PT. Rotaryana Indonesia, dan mereka mengadakan penjualan secara online maupun offline store sehingga kita bisa langsung mengunjungi langsung ke toko.


Dan mesin kedua yang saya miliki adalah alat roasting kopi yang saya beli di Indonesia bernama Froco 5 kg serie i, dan ini adalah product lokal yang telah banyak dipakai oleh user dari luar negri semisal thailand, inggris dan lainnya.
dan mesin ini memiliki spesifikasi sebagai berikut :
dan saya belajar bahwa semua yang diawali dengan passion dan juga hobby yang dibayar adalah hal yang menyenangkan sehingga saya selalu bangga dan senang berbagi kebahagian melalui cerita dan juga kopi yang saya sajikan untuk teman maupun sahabat barista dan teman lain yang sangat mencinta kopi Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa foto yang bisa saya bagikan.
Event Kopi Ikhlas

Nasional Kompetisi 2017 

Surabaya Regional 2017

Juri Roasting kompetisi

Makassar Regional kompetisi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar